Bandung ICT Expo 2015

Bandung ICT Expo 2015 merupakan pameran IT terbesar  yang di selenggarakan oleh Tekom University dalam rangka ulang tahunnya yang ke-2. Bandung ICT diselenggarakan pada tanggal 10-12 September 2015 bertempatkan di Convention Hall Telkom University (TUCH), dan tentunya Expo ini di buka untuk umum . ICT Expo ini mengangkat tema “Strengthening Collaborative Innovation for Community and Industry”. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan agar para pelaku IT atau industri yang bergerak di bidang Teknologi Informasi mampu menginovasi masyarakat untuk mempermudah perkembangan IT di Indonesia. Bandung ICT Expo ini berhasil mengumpulkan beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang IT. Seperti, Telkomsel, ZTE, Huawei, NEC, dan masih banyak lagi yang lainnya. Expo ini bukan hanya pameran saja tetapi ada juga diskusi panel, sharing forum, presentasi produk dan talkshow, serta edutalk.

Saya akan membahas salah satu produk dari Perusahaan besar yang bergerak dalam bidang IT yang ikut memeriahkan Expo ini, yaitu Eclaim yang dimiliki oleh perusahaan yang bernama AdMedika. Dari nama perusahaannya saja kita bisa langsung menyangka pada bidang IT yang mana mereka bergerak. AdMedika, tentu saja kita bisa melihat dari kata Medi yang berarti Medical, berarti perusahaan ini merupakan industri bidang IT yang bergerak dalam bidang keehatan. Eclaim(Electronic Claim Solution), yaitu salah satu produk yang di tawarkan kepada perusahaan untuk jaminan kesehatan para karyawan yang berbasis elektronik.  Eclaim dibuat untuk memudahkan para perusahaan dalam mengurangi kerugian-kerugian yang dialami akibat proses klaim yang berbasis kertas. Karena klaim menggunakan kertas sudah terbukti tidak efisien, tidak transparan, dan rentan terhadap penyalahgunaan. Metode dan Proses klaim Eclaim dari AdMedika ini dibuat sederhana dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan, mengurangi biaya, meningkatkan layanan dan memberikan kenyamanan bagi para pemakai dalam memperoleh layanan kesehatan. Layanan klaim ini telah dirancang untuk menyederhanakan proses administrasi kesehatan dan menyesuaikan proses bisnis antara perusahaan dan Penyedia layanan Kesehatan. Perusahaan akan terbebas dari biaya infrastuktur, mengurangi biaya entri data, meningkatan ketepatan data dan mempercepat proses pembayaran.

Skema Kerjasama AdMedika

Perusahaan atau BUMN/BUMD yang memiliki yayasan kesehatan, Asuransi Swasta, perusahaan dengan pengelolaan jaminan kesehatan mandiri dan JAMKESDA (Jaminan Kesehatan Daerah) dapat bekerja sama langsung dengan AdMedika.

Picture1

Perusahaan atau BUMN/BUMD yang tidak memiliki yayasan kesehatan dapat bekerjasama dengan Admedika sebagai pihak ketiga melalui perusahaan asuransi swasta.

Picture2

 

 

Telkom University Student Blog site SI-39-02